UPN VETERAN YOGYAKARTA

                                                                                Nama   : HINDRA GIRI SUSENO
                                                                                NIM    : 112160162
                                                                                Kelas   : E

MENGENAL UNIVERSITAS BERWAWASAN BELA NEGARA

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta adalah salah satu Universitas Negeri yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta mempunyai 2 unit  yaitu Kampus A yang terletak di  Condongcatur dan Kampus B yang terletak di  Babarsari. Untuk kampus pusat yang terdapat Gedung Rektorat yang berada di Kampus A harus menempuh sejauh 9 km bila dilihat dari pusat kota dengan arah timur laut. Kampus A dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua selama kurang lebih 20 menit dari pusat kota di Yogyakarta. Ada banyak arah yang menunjukkan jalan menuju Kampus A ini, salah satunya dapat melalui Monjali (Tugu) pada pusat kota.Kemudian kearah Jalan Ringroad Utara, sesampainya di Jalan Ringroad Utara, kearah timur. Kampus A terletak di pinggir Jalan Ringroad Utara.
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta memiliki 2 kampus. Kampus I atau kampus pusat memiliki Gedung Rektorat yang sangat menonjol dikarenakan ada tulisan UPN Veteran yang ada di atap gedungnya. Setiap gedung perkuliahan yang ada di UPN memiliki warna gedung yang hampir semuanya sama, yaitu warna krem dan coklat. Untuk perbandingan antara kampus pusat dengan kampus II itu sama saja, tetapi untuk di kampus II yang letak di Babarsari gedungnya agak kurang terawat dan banyak bangunan atau fasilitas disana yang rusak atau kurang terawat. Untuk keasrian di setiap kampus sama-sama asri, karena di setiap kampus pasti memiliki banyak tanaman dan pepohonan.


UPN “Veteran” Yogyakarta berdiri sejak 8 Oktober 1958 dan pada saat itu namanya masih Akademi Pembangunan Nasional “Veteran”. Pada saat berdirinya, UPN “Veteran” Yogyakarta hanya memiliki 3 jurusan yaitu Geologi Pertambangan, Ekonomi Pertanian, dan Teknologi Perusahaan. Peresmian pembukaan APN “Veteran” berlangsung pada malam hari tanggal 21 Febuari 1959 yang dihadiri dan sekaligus diresmikan oleh Presiden Soekarno berserta menterinya. Kemudian APN berubah nama menjadi PTPN, kemudian menjadi UPN dibawah naungan Departemen Pertahanan dan Keamanan Repubik Indonesia. Pada tahun 2014 UPN “Veteran” Yogyakarta resmi menjadi PTN pada tanggal 6 Oktober 2014.
Sebagaimana organiasasi lainnya, UPN  “Veteran” Yogyakarta juga memiliki struktur sendiri. Rektorat UPN bernama Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc dan dibantu olh wakil-wakilnya yaitu Dr. Muhammad Irtus Effendi, M.S sebagai wakil rektor bidang akademik, Dr. Drs. Susanta, M.Si sebagai wakil rektor bidang umum, dan Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T sebagai wakil rektor bidang kemahasiswaaan dan kerja sama. Setiap Fakultas juga memiliki dekannya masing-masing seperti Dr. Ir. Suharsono, M.T sebagai Dekan Fakultas Teknologi Mineral.

UPN mempunyai wadah untuk menunjang potensi yang ada di setiap mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non akademik agar mahasiswa lebih aktif mengembangkan bakatnya. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sebagai sarana dalam bidang non akademik. UPN memiliki 24 unit kegiatan mahasiswa diantaranya adalah MENWA (Resimen Mahasiswa), KSR (Korps Sukarela) PMI, Seni, Pramuka, MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam), Paduan Suara, Marching Band, ECDC, Kopma, ada juga UKM  yang bersifat Keagamaan (Islam, Kristen, Katolik, dan Hindhu), UKM Beladiri (Kempo,Silat,dan Karate), UKM Olahraga (Sepakbola, Volley, Basket, Bulutangkis, Hockey, dan Baseball. Semua UKM tersebut adalah merupakan badan otonom yang langsung dikelola oleh Mahasiswa.


UPN memiliki berbagai macam sarana dan prasarana untuk kegiatan mahasiswa dan dosen serta umum. Ada Auditorium sebagai gedung pusat untuk setiap adanya acara-acara besar di UPN. Sarana olahraga terdapat lapangan bola, lapangan softball, lapangan basket, sport hall. UKM memiliki gedung untuk pusatnya setiap UKM sendiri yang terpusat di Gedung UKM. Untuk fasilitas Akademik, UPN memiliki 2 perpustakaan di kampus I atau kampus pusat  dan Kampus II. Hotspot Area, Laboratorium yang terdapat di kampus I maupun di kampus II. Ada juga fasilitas lain seperti ruangan kelas, kantin, parkiran, dan pendopo yang terdapat di setiap jurusan.










Daftar Pustaka

Anonim. 2016. Buku Panduan PKK Bagi Mahasiswa Baru UPNVYK.Yogyakarta: UPN “Veteran” Yogyakarta.
Anonim.2016. Panduan dan Informasi Akademik 2016/2017.Yogyakarta: UPN “Veteran” Yogyakarta.
Surata, Agus dan Audirauto, Tukana Taufiq.2015. Bela Negara dan Widya Mwat Yasa. Yogyakarta: UPN “Veteran” Yogyakarta.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DESKRIPSI BATU APUNG (PUMICE)

PERAN PERPETAAN BAGI PERTAMBANGAN

DESKRIPSI KALSIRUDITE